Laman

Monday, August 10, 2015

Mengenal Jenis-Jenis Skyrunning


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Jenis-Jenis Skyrunning. Berikut Jenis-Jenis Skyrunning beserta penjelasanya.

1. Skymarathon
Lomba lari yang mencape minimal ketinggian 2.000 mdpl serta jarak antara 30-40 km. Jalur yang dilalui selam berlari sangat beragam bisa berupa jalan, pasir berbatu, jalan setapak, di punggungan gunung, tebing, hingga salju. jalur aspal diperbolehkan ada dalam bagian track yang dilewati, namun porsinya tidak boleh melebihi 15 persen dari total keseluruhan jalur. Jalur Aspal biasanya dilalui di awaal perlombaan sebelum memasuki area pegunungan untuk menambah jarak tempuh. biasanya, Skymaraton dilakukan dengan mencape setidaknya ketinggian4.000 mdpl.

2. Ultra Skymarathon
Lomba lari yang melebihi parameter Skymaraton. Biasanya jarak yang ditempuh adalah lebih dari 50 km dan juga disertai minimal adanya 2.500 meter pemanjatan pada medan tebing( porsi 5 persen dari total jalur) yakni sekitar 2.500 meter pemanjatan Vertikal dari total 50 km jarak lari yang ditempuh.

3. Skyrace
Ini merupakan perlombaan lari dengan ketinggian yang harus dicape di antara 2.000 mdpl dan 4.000 mdpl. sementara untuk jarak tempuh sendiri minimal 20 km, dan maksimal 30 km. adapun  bagi suatu negara yang tidak memiliki pegunungan yang ketinggiannya tidak mencapai 2.000 mdpl, kejuaraan melebihi 1.300 mdpl sudah dapat disebut sebagai skyrace.

4. Vertical kilometer
Perlombaan lari dengan jalur vertikal hingga mencape 1.000 mdpl, sehingga peserta harus berlari semi memanjat dengan bantuan tangan atau teknik scrambling. selain itu juga medan yang ditempuh bervariasi dengan tingkat kemiringan yang berbeda. Vertical Kilometer dibagi menjadi 3 level ketinggian yakni dari ketinggian 0-1.000 mdpl, 1.000-2.000 mdpl, hingga ketinggian 2.000-3.000 mdpl ( perbedaan ketinggian sebesar 5 persen masih bisa ditoleransi).

5. Skyspeed
Sama halnya dengan vertikal kilometer, namun skyspeed berlari pada jalur Vertikal dengan jarak yang lebih pendek yakni 100 meter namun dengan tingkat kemiringan lebih dari 33 derajat. skyspeed juga memiliki Versi indoor yang disebut skyscraper atau vertikal running.

6. Skybike
Ini dalah Duathlons, merupakan perpaduan dari mountain bike race dengan vertical kilometer atau kompetisi skyrunning.

7. Skyraid
Ini adalah skyrunning yang dilombakan dalam bentuk tim, dan berlomba menempuh jarak dan medan yang jauh, dan dikombinasikan dengan bersepeda, ski, serta pemanjatan.

8. Skyscraper atau Vertical Running
ini adalah perlombaan lari vertikal, yang tingkat kemiringannya lebih dari 45 derajat pada tangga dalam gedung pencakar langit.

9. Skytrail
merupakan perlombaan lari yang melalui jalan setapak (trail) selama menempuh lebih dari ketinggian 2.000 mdpl. adapun jarak yang ditempuh itu bervariasi, minimal adalah 15 km.

itu tadi Jenis-Jenis skyrunning yang dapat saya sampaikan kepada para pembaca, semoga dengan membaca artikel ini kita dapat menambah ilmu tentang dunia lari.

No comments:

Post a Comment