Laman

Thursday, August 13, 2015

Jenis-Jenis Latihan Tubuh Bagian Atas Bagi pelari

kekuatan tubuh bagian atas yang baik yang dimiliki pelari ternyata menunjang porforma mereja dalam menjalankan olahraga lari. Dengan tubuh bagian atas yang baik dapat menjaga postur tubuh ketika berlari dan meningkatkan daya tahan tubub terhadap rasa letih.
berikut beberapa jenis latihan yang dapat kita lakukan untuk membangun kekuatan tubuh bagian atas, agar performa lari dapat meningkat. Lakukan 
1.Push-up
Push-up : latihan tubuh bagian atas yang sangat efektif bagi pelari. Latihan ini mampu meningkatkan kekuatan kita secara umum sekaligus bermanfaat bagi otot core:

  1. Atur tubuh dalam posisi plank dengan kedua tangan sedikit lebih lebar dari bahu.
  2. Letakan kaki sebagaimana kita merasa nyaman, dapat dalam posisi rapat atau agak lebar. Seimbangkan berat badan pada jemari kaki atau pada lutut bila kita baru pertama kali melakukan push-up.
  3. Perlahan turunkan tubuh hingga dada hampir menyentuh lantai dengan menekuk sikut (90 derajat).
  4. Jaga tubuh agar tetap lurus dari kepala sampai kaki, jangan menurunkan atau menaikan posisi bokong.
  5. Tarik napas saat kita menekuk sikut dan menurunkan kebawah. Hembuskan napas saat kita mendorong badan naik keatas. Itu adalah satu repetisi.
  6. Kencangkan otot perut dan bokong selama melakukan latihan ini. Jaga agar siku lurus tapi tidak dalam posisi sendi terkunci saat mendorong tubuh keatas.
  7. Ulangi 10 – 15 repetisi untuk satu set, atau sebanyak mungkin sesuai kekuatan kita sampai kita masih mampu mempertahankan postur yang baik saat melakukannya. Ulangi 2 sampai 3 set.
sempatkan diri melakukan push-up di awal atau setelah lari, minimal Push-up dua sampai tiga kali seminggu.
2.Tricep Dip
Latihan ini akan menguatkan otot tricep, otot yang terletak di bagian belakang lengan atas, mulai dari bahu sampai siku. Yang kita butuhkan untuk melakukan latihan ini hanyalah sebuah kursi yang kuat menahan berat badan kita.

  1. Duduk di sisi pinggir kursi dengan lutut menekuk. Posisikan telapak tangan pada kursi selebar bahu. Jaga punggung tegak lurus dan kencangkan otot perut.
  2. Geser tubuh menjauh dari kursi dan bebankan berat badan pada kedua tangan. Lutut tetap dalam keadaan menekuk.
  3. Luruskan lengan, tapi jaga siku agar tetap sedikit menekuk.
  4. Perlahan tekuk siku agar posisi tubuh menurun sampai hampir menyentuh lantai, atau sekitar 90 derajat.
  5. Angkat tubuh dengan menekan tangan pada kursi kearah atas untuk mengembalikan tubuh ke posisi awal. Ini adalah satu repetisi.
  6. Lakukan 10 – 15 repetisi tiap set, untuk 2 atau 3 set.

Untuk pelari yang telah terbiasa berlatih strength training: Posisikan kaki lurus ketimbang menekuk lutut. Lakukan 20-35 repetisi untuk 3 sampai 4 set.



No comments:

Post a Comment